KEPERCAYAAN TERHADAP JURNALISME: PERSPEKTIF BARU PENILAIAN TERHADAP MEDIA BERITA
Main Article Content
Abstract
Penilaian individu dalam mengevaluasi kepercayaan atau kredibilitas media berita memiliki relevansi teoritis dan praktis. Standar penilaian semakin diperlukan dengan meningkatnya informasi di media sosial. Sejumlah penelitian sudah dilakukan untuk membuat standar penilaian. Hanya saja, belum ada kata sepakat tentang standar yang baku. Selain itu, standar yang sudah dibuat juga membutuhkan upgrade dengan memasukkan perkembangan teknologi sebagai bagian dari evaluasi kepercayaan media. Artikel ini ditulis untuk menganalisis hasil berbagai survei kepercayaan terhadap media berita dan kajian literatur tentang konsep kepercayaan tersebut. Dengan demikian, tujuan artikel ini adalah untuk menyajikan perpektif baru dalam menilai kepercayaan publik terhadap media berita. Perspektif baru ini penting untuk melihat penilaian publik yang bisa berdampak besar terhadap masa depan jurnalisme. Metode yang dipakai adalah studi komparatif terhadap hasil survei serta analisis teoritis dan deskriptif terhadap faktor-faktor penentu kepercayaan dan kredibilitas media berita. Perspektif baru yang digagas dalam artikel ini dinamakan “empat dimensi kepercayaan” yang meliputi (1) kepercayaan pada selektivitas topik, (2) kepercayaan pada selektivitas fakta, (3) kepercayaan pada keakuratan penggambaran, dan (4) kepercayaan pada penilaian jurnalistik.