COMMUNICATION PRIVACY MANAGEMENT DALAM BERMEDIA SOSIAL: ANALISIS FANS ACCOUNT NCT DREAM DI MEDIA SOSIAL X
Main Article Content
Abstract
Pengungkapan informasi pribadi dalam fans account NCT Dream menjadi daya tarik peneliti untuk mengetahui bagaimana pengguna fans account di kalangan penggemar NCT Dream mengelola keterbukaan terhadap informasi pribadinya kepada publik, yang tidak pernah ditemui dalam kehidupan nyata. Penelitian ini menggunakan teori Communication Privacy Management yang dikembangkan oleh Sandra Petronio. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus melalui sejumlah pengguna fans account di media sosial X yang memenuhi kriteria sebagai informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen privasi yang dilakukan oleh pengguna fans account NCT Dream di media sosial X adalah berupa penyampaian informasi privat yang meliputi domisili, citra, kehidupan sehari-hari, serta minat dan ketertarikan pada NCT Dream. Dalam mengungkapkan identitas diri, pengguna fans account NCT Dream tetap memperhatikan batasan privat antara informasi yang bisa dibagikan kepada publik dan yang harus tetap menjadi milik pribadi. Setiap pengguna secara berkala mengontrol akun mereka untuk memastikan bahwa akun tersebut tetap aman dan tidak menimbulkan masalah dengan pengguna lain atau menyebabkan kebocoran informasi. Mereka juga akan mempertimbangkan dengan baik tulisan yang akan diposting dengan memanfaatkan fitur-fitur yang terdapat dalam media sosial X.